Skincare Routine yang Tepat untuk Kulit Kita

“Flawless skin starts with a flawless skincare routine”

Mengapa skincare routine itu penting?

skincare routine yang tepat
Memilih skincare routine yang tepat itu penting

Sebenarnya apa sih skincare routine itu? Skincare routine artinya serangkaian produk perawatan kulit yang kita gunakan setiap hari.

Kalau misalnya setiap hari yang kamu lakukan untuk kulitmu adalah membersihkan wajah, memakai toner, dan memakai sunscreen, ya artinya itulah skincare routine mu. Jadi setiap orang pasti punya skincare routine. Tapi, apakah kamu yakin skincare routine-mu sudah tepat?

Katanya perawatan kulit yang baik itu diawali dengan skincare routine yang tepat. Dan definisi ‘tepat’ di sini adalah sesuai dengan jenis dan masalah kulit yang kita miliki. Karena kondisi dan masalah kulit setiap orang pastinya berbeda, jadi penting untuk menemukan skincare routine yang specifically built untuk kita. 

Misalnya skincare routine untuk kulit bruntusan sudah pasti akan berbeda dengan skincare routine untuk kulit kering dan kusam. Meskipun berbeda, tapi sudah pasti setiap orang memiliki masalah kulit sendiri.

Misalnya masalah kulit yang sering saya alami – dengan jenis kulit saya yang berminyak – adalah komedo, jerawat, dan minyak berlebih pada wajah. Kadang juga timbul noda hitam karena jerawat. Nah, skincare routine harian akan dapat mempertahankan kondisi kulit yang sehat dan juga membantu mengatasi masalah kulit kita. 

Jadi, skincare routine harian saya intinya adalah produk skincare yang mampu mengendalikan minyak wajah, mencegah dan mengatasi komedo dan jerawat, dan memudarkan noda hitam. 

Bagaimana dengan masalah kulitmu? Masalah kulitmu bisa jadi berbeda dengan masalah kulit saya. Karena itu skincare routine yang tepat buatmu juga mungkin berbeda. Di sini akan saya bahas skincare routine dasar berdasarkan fungsinya. Check it out!

Kenali dulu kondisi kulitmu!

cleansing gel
Cleansing gel dengan kandungan BHA

Sebelum memilih produk skincare yang tepat, langkah pertama yang perlu kamu perhatikan adalah mengenali dulu apa jenis kulitmu dan apa masalah kulit yang sering kamu alami. Jenis kulit umumnya ada 4 macam, yaitu kulit kering, normal, berminyak, dan kulit kombinasi.

Untuk memilih skincare yang tepat, biasakan untuk membaca ingredients atau kandungan dari produk tersebut. Jadi bukan hanya kata orang atau kata iklan, tapi fokuslah pada bahan aktif apa yang dimiliki skincare incaranmu.

Misalnya untuk kulit kering, sebaiknya fokus pada produk yang memiliki bahan aktif yang melembabkan, misalnya hyaluronic acid dan ceramide.

Sedangkan untuk kulit berminyak sebaiknya fokus pada ingredients yang bersifat eksfoliasi dan mengurangi minyak berlebih, seperti AHA dan BHA. Sekarang ini tentunya enggak susah kan untuk mencari informasi mengenai fungsi bahan aktif produk skincare.

Skincare routine pagi dan malam

Bagi yang terbiasa memakai produk skincare dari dokter kulit, pasti sudah tidak asing dengan istilah krim pagi dan krim malam. Mengapa skincare pagi dan malam dibedakan?

Sebenarnya inti dari skincare pagi dan malam itu sama: cleansing – moisturizing – treatment. Hanya saja skincare routine pagi difokuskan untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Jadi, skincare routine pagi wajib ada sunscreen yang bisa dipakai setelah moisturizer atau sebelum memakai makeup seperti bedak.

Sedangkan skincare routine malam umumnya fokus pada treatment untuk mengatasi masalah kulitmu dengan lebih intensif. 

Jadi, keypoints untuk skincare routine diantaranya:

    ✔ Melembabkan/menghidrasi kulit itu penting untuk semua jenis kulit.
    ✔ Inti skincare routine: membersihkan wajah – melembabkan – treatment.
    ✔ Skincare routine pagi wajib ada sunscreen minimal SPF 30, meskipun sebagian besar aktivitasmu adalah indoor.

Ini dia urutannya

Menyusun skincare routine sendiri memang kadang ada trial and error sampai kita tahu betul bagaimana produk yang tepat untuk kita. Dan juga seiring bertambahnya usia, kulit juga mengalami perubahan. Produk yang tadinya cocok, bisa jadi setelah lama pakai jadi enggak cocok lagi.

Misalnya, dulu saya tidak ada masalah memakai produk yang mengandung alkohol (mostly toner). Tapi sekarang, untuk pilih toner yang cocok, saya pilih yang non-alkohol. Saat beralih ke toner yang ternyata ada kandungan alkoholnya, kulit jadi jerawatan.

Okay, so we will talk more about it later. Nah, ini dia urutan skincare routine basic untuk semua jenis kulit:

Cleansing

Cleansing oil dan cleansing gel untuk double cleansing

Membersihkan wajah adalah langkah penting untuk merawat kulit. Sebaiknya pilihlah pembersih wajah yang tidak membuat kulit menjadi terasa tertarik. Karena itu artinya kelembaban alami kulitmu berkurang. 

Saat ini sedang ngetrend ‘double cleansing’, yaitu memakai dua macam produk untuk membersihkan wajah: cleansing oil dan face wash.

Saya sendiri memakai double cleansing dengan cleansing oil, lalu diikuti dengan face wash berbentuk gel. Memakai cleansing oil sebelum face wash membuat kulit jadi terasa lebih lembab dan enggak kering setelah dibersihkan. Kulit juga terasa lebih bersih.

Biasakan untuk membersihkan wajah dua kali sehari. Tapi jika kulitmu sangat kering dan juga tidak memakai makeup setiap hari, membersihkan wajah satu kali sehari saja sudah cukup.

Toner

Mengapa perlu pakai toner? Kalau buat saya, pakai toner itu rasanya bikin kulit jadi lebih bersih. Hmm, padahal kan sudah dibersihkan?

Well, kadang setelah dibersihkan pun, masih ada residu face wash yang tertinggal di pori wajah. Terutama bagi yang kulitnya berminyak seperti saya, ada kotoran yang tertinggal di pori bisa bahaya banget (bikin jerawat dan komedo). Jadi, biar aman saya selalu pakai toner.

Jenis toner juga bermacam-macam. Kalau saya sendiri, di pagi hari prefer toner yang fokusnya untuk mengontrol minyak wajah. Jadi wajah tidak terlalu berminyak saat beraktivitas seharian.

Untuk malamnya, fokus pada toner dengan kandungan bahan aktif yang mengeksfoliasi kulit mati. Karena bagi yang kulitnya berminyak seperti saya, eksfoliasi itu penting banget. Jika tidak dibersihkan, timbunan sel kulit mati bisa menyumbat pori. Hasilnya: jerawat dan komedo.

Banyak yang berpendapat kulit kering itu enggak perlu pakai toner, karena toner bisa bikin kulit semakin kering. Namun faktanya, sekarang banyak kok brand toner yang mengandung bahan aktif yang bagus untuk melembabkan kulit. Misalnya toner yang mengandung hyaluronic acid atau niacinamide.

Carilah toner yang tidak mengandung alkohol. Untuk kulit kering, toner yang mengandung alkohol akan membuat kulit semakin kering. Dan untuk kulit berminyak, alkohol justru pada akhirnya dapat memicu pengeluaran minyak yang berlebih dari kelenjar sebasea pada kulit kita.

Serum

Serum retinol untuk malam dan serum vitamin C untuk pagi

Serum biasanya mengandung bahan aktif yang cukup intens buat menutrisi kulit. Kamu bisa pilih serum yang mengandung bahan aktif yang sesuai dengan masalah kulitmu.

Di pagi hari kamu bisa pakai serum yang mengandung vitamin C atau niacinamide untuk menutrisi dan mencerahkan kulit.

Di malam hari, kamu bisa pilih serum dengan bahan aktif yang lebih intens untuk masalah kulitmu, misalnya serum yang mengandung BHA atau retinol.

Moisturizer dan sunscreen

Sebenarnya saya sendiri sudah lama tidak memakai moisturizer secara khusus. Banyak sih produk moisturizer yang bisa kamu pilih. Cuma saya prefer pakai moisturizer yang sekalian ada sunscreen-nya.

Untuk kulit berminyak dan acne prone seperti kulit saya, carilah tanda ini pada moisturizer atau sunscreen: oil free dan non-comedogenic. As I said, penting banget untuk menjaga agar pori kita jangan sampai tersumbat, salah satunya oleh bahan cream yang bersifat komedogenik.

Selalu gunakan sunscreen di pagi dan siang

Moisturizer dan sunscreen umumnya berbentuk krim atau gel. Krim malam juga biasanya mengandung bahan pelembab, jadi bisa dibilang moisturizer juga. Plus tambahan bahan aktif untuk mengatasi masalah kulit.

Di pagi hari, setelah serum, atau di bagian akhir skincare sebelum makeup, wajib untuk memakai sunscreen. Sinar UV dari matahari itu harmful buat kulit kita. Bisa menggelapkan dan mempercepat tanda-tanda penuaan.

Pakailah sunscreen dengan SPF minimal 30 untuk melindungi kulitmu.

Skincare routine memang harus rutin

Merawat kulit dengan memakai skincare buat sebagian orang mungkin dianggap enggak penting. Masih ada hal lain yang lebih penting. Atau dibilang enggak ada manfaatnya, sudah tiga hari pakai skincare kulitnya masih gitu-gitu aja.

Well, memang sih bagi sebagian orang memakai skincare bukan prioritas. Tapi kayaknya semua orang juga setuju, kulit yang rajin dirawat itu ada bedanya. So, the choice is all yours 🙂

Dan yang penting lagi, enggak ada hasil yang instan. Kecuali oplas. Mungkin kamu akan merasakan hasil dari memakai skincare setelah satu bulan memakai skincare secara teratur. Atau bisa juga hasil signifikan baru terlihat setelah 3 bulan. 

Ingat, kuncinya secara teratur ini. Anggap saja memakai skincare ini adalah ‘me time’ kamu. Kalau kamu bisa melakukan banyak hal untuk yang lain, kenapa malas melakukan something for your own self?

Takeaway

    ✔ Kenali dulu jenis dan masalah kulitmu untuk menemukan skincare routine yang tepat.
    ✔ Skincare routine pagi umumnya: cleansing – toner – serum – moisturizer – sunscreen.
    ✔ Skincare routine malam umumnya: cleansing – toner – serum/moisturizer/krim malam.
    ✔ Semua jenis kulit butuh hidrasi.
    ✔ Jangan lupa untuk selalu memakai sunscreen pada skincare routine pagi.
    ✔ Biar hasilnya maksimal, kunci dari skincare routine adalah: persistensi. Jangan malas untuk memakai skincare routine secara teratur dalam jangka waktu yang lama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *